Entri Populer

Minggu, 08 April 2012

Hari Yang Berarti :)

Dear my Blog ..

Hari itu memang sulit dilupakan, saat - saat aku dan kawan - kawanku menantikan hal yang amat ditunggu. Yang buat mereka resah, sedih, dan semua perasaan bimbang tercampur menjadi satu. Sama halnya denganku. Aku merasakan keresahan yang begitu hebat yang saat itu menghantuiku.
Pagi - pagi setelah tas punggung yang kutenteng ini kuletakkan pada meja. Aku benar - benar melihat kegelisahan mereka menanti pengumuman SPAK di SMA favorit di kota kami. Ada yang mencoba menghibur diri, berbicara seolah seperti orang yang putus asa. Ingin rasanya menghibur mereka, tapi bagaimana dengan diriku sendiri yang sedang gundah ini?
Detik demi detik mulai berlalu, yang aku takutkan hanya satu. Gagal membahagiakan kedua orang tuaku. Tapi segenap upaya kubenamkan pikiran buruk ini agar aku tidak terlarut dalam keresahan hebat ini. 
Pukul 09.30 sepertinya semua mata tertuju pada seorang guru BK yang sedang membawa beberapa lembar kertas HVS yang kelihatannya biasa, tapi disitulah ada tulisan dimana anak - anak yang diterima atau tidak terpampang disana. Semua anak seantero sekolah berkerumun diluar kopsis. Tapi aku tidak, karena aku takut pingsan sebelum membaca hasilnya. (sedikit hiperbola ya? haha)
Sudah hampir seperempat jam ibu guru itu tak kunjung keluar. Tiba - tiba ada temanku yang berbicara bahwa ada salah satu anak yang berada pada urutan 212, ha? Aku kaget. Sungguh. Terlebih ketika mendengar bahwa salah satu teman priaku ini bicara, anak yang disangka pintar tidak dapat lolos. Ohh tuhaan. Aku benar - benar tak ada harapan pada waktu itu.
Lalu anak - anak berlarian, melihat hasil yang sudah di fotocopy. Ahh, aku nervous. Hampir saja rasanya jantung ini berhenti berdekat. Sederet teman sebangkuku sudah berwajah senang, mereka lolos. Aku bahagia melihat senyum haru mereka. Tapi bagaimana denganku?
Kemudian tekad ini untuk melihat sudah bulat. Aku menuju salah satu koridor sekolah yang disitu banyak anak - anak yang asyik sendiri membaca, eeh bukan asyik tapi sibuk. hehehe
Aku merebut salah satu kertas, tapi tak ada namaku. Dikertas selanjutnya juga tak ada. Aku pindah posisi, jantung ini semakin tak menentu. Lalu dikertas terdepan juga taka ada. Semakin menjadi keresahanku. Kertas kedua juga tak ada. Aku mulai lelah dan mengeluh. Tuhaan :(
Kemudian ada teman yang bertanya, siapa namaku? Tangannya beralih dan menunjukkan sebaris nama di urutan itu. Apa? Namaku? Ya itu namaku. 
Aku tak tau ini perasaan apa. Aku kembali, dengan segala kegundahan yang terbalut haru. Tuhan, terima kasih engkau telah mendengar do'a hamba. Dan kau izinkan hamba untuk sedikit membahagiakan orang tua hamba. Terima kasih.
Ketika belum sampai di dalam kelas, kulihat teman - temanku berpelukan. Entah kenapa tiba - tiba tubuh ini terhuyung kedalam pelukan mereka. Begitu merasakan haru, begitu merasakan arti persahabatan diman kita akan menangis bersama, bersenang - senang bersama. Itu yang kami rasakan. Meluapkan segala tangis tanpa takut akan malu. Semuanya merasakan kelegaan yang amat luar biasa. Sungguh! Kami sangat senang atas segala perjuangan kami selama ini.
Tak lupa juga memberi semangat kepada yang kurang beruntung, agar mereka tegar dan tetap berjuang untuk menempuh jalur lain.
Yang lebih lucu lagi, temanku ini, sebut saja Titah. Sebelum pengumuman dia berkata "Kalo aku keterima, aku nazar mau muterin sekolah ini 5 kali." Mungkin itu spontanitasnya ketika berbicara tanpa sadar. Daripada berdosa kepada tuhan, dia disadarkan atas omongannya sendiri. Tak apalah akhirnya dia lakukan juga nazar itu untuk mengitari sekolah. Bayangkan, seluruh sekolahku sangat luas, dan dia harus 5 kali bolak balik mengitarinya. Kami hanya menertawakan dan sekaligus kasihan. Hahaha
Setelah usai, kulihat dia sangat kelelahan. Ya jelas saja, dibawah terik matahari ini, muterin sekolah 5 kali. Perjuangan :)
Ingin rasanya saat itu semua teman lolos, tapi apa daya. Semua sudah takdir tuhan. Kita tak dapa memungkirinya. Hanya ucapan terima kasih atas do'a orang - orang yang aku sayangi, terima kasih kuucapkan kepada kalian. Restu kalian juga. Terima kasih. Aku sayang kalian semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar